Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim Mengadakan Rapat Laporan Monitoring Dan Evaluasi Internal Perkuliahan Program Studi Diploma III Kebidanan Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023

News.fkes.ac.id –(31/08/2023). Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim (Fkes Umuslim) mengadakan rapat Monitoring Dan Evaluasi Internal Perkuliahan (MONEV) Program Studi Diploma III Kebidanan semester genap tahun ajaran 2022-2023. Rapat tersebut diselenggarakan pihak akademik Fakultas Kesehatan, Selasa (29/8/2023)

Acara berlangsung di Ruang rapat kampus Ampoen Chiek Peusangan Umuslim, diikuti oleh seluruh dosen dan staf Fakultas Kesehatan Program studi Diploma III Kebidanan dan Progam Studi Sarjana Kebidanan yang telah di undang melalui surat yang di sahkan oleh Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim. Rapat Monev ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kesehatan Yaitu ibu Dewi Maritalia, SST.,M.Kes, dan dilanjutkan laporan Monev semester genap tahun ajaran 2022-2023 oleh ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) yaitu ibu Agustina, S.SiT.,MKM.

Menurut laporan monev dari ibu Agustina, S.SiT.,MKM mengatakan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Dosen merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam mencapai visi misi Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim. Hasil Monitoring dan Evaluasi kinerja dosen disusun dalam sebuah laporan untuk disampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses perkuliahan dengan harapan laporan ini dapat ditinjaklanjuti sebagai perbaikan untuk kinerja dosen pada semester berikutnya.

Dilanjutkan, Dosen Pengajar yang mengisi link monev  perkuliahan semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 di Program Studi DIII Kebidanan Universitas Almuslim adalah sbyk 14 org (93 %), Persentase Dosen pengajar yang sudah memiliki NIDN berjumlah 100 %, Persentase jumlah dosen yang memiliki Jabatan akademik sebagai lektor sebesar 43%, dosen dengan asisten ahli 43% dan sebagai dosen tenaga pengajar 7%. Persentase dosen yang memiliki sertifikat pendidik sebesar 50%, Jumlah dosen yang mengisi Monev Perkuliahan pada Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim semester Genap TA 2022/2023 sebanyak 14 orang, 12 orang berasal dari DTPS dan 2 orang dari Dosen Tetap Luar PS yaitu  Rizka Ramadhana, MT merupakan dosen tetap  dari Prodi Informatika dan Muhammad Haris Mustaqim, M.Pd merupakan dosen tetap pada prodi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP). Jumlah Dosen yang tidak mengisi link monev perkuliahan semester genap TA 2022/2023 berjumlah 1 orang yaitu merupakan dosen tetap di luar  Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim yaitu Dr. Zahriyanti, MA. Kesesuaian Materi Perkuliahan Dosen dengan RPS  adalah 100%, menunjukkan bahwa semua dosen pengajar pada Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim semester Genap  TA 2022/2023 sudah sesuai dengan RPS dan bidang keilmuan masing-masing. Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Rencana Pembelajaran (RPS) jumlah mata kuliah pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 17 Mata Kuliah.kehadiran dosen yang mengajar pada Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim sudah sesuai dengan jumlah beban SKS masing-masing, rata-rata dosen mengajar 2 SKS dengan jumlah kehadiran maksimal 16 kali pertemuan.

Persentase kehadiran mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan pada Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim pada semester genap TA 2022/2023 adalah >75%. Hasil ini diperoleh berdasarkan rekapitulasi presentasi di kelas untuk setiap mata kuliah yang diisi dalam instrumen monitoring dan evaluasi perkuliahan. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi GKM Fakultas Kesehatan, didapatkan data bahwa semua dosen merancang Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Persentase penggunaan media pembelajaran Daring oleh dosen pada Program Studi Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim menunjukkan bahwa 50% menggunakan elearning Umuslim, 28,6% menggunakan zoom meeting, dan 57,1% menggunakan media lainnya.

Terdapat kendala pada laman  website elearningumuslim.ac.id sampai pada akhir perkuliahan semester ini, dan elearning pada siakad Universitas Almuslim juga masih dalam tahap perbaikan. Sehingga semua dosen (100%) tidak dapat mengakses elearning untuk semester genap  TA 2022/2023 ini. Komponen penilaian mata kuliah yang terdiri dari tugas mahasiswa, kuis, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) yang dilakukan oleh dosen pengajar dengan persentase 100 % .

Sebagian besar dosen pengajar pada Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim telah mengintergrasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ke dalam perkuliahan sebagai bahan ajar/materi perkuliahan yang diampu pada semester Genap  TA 2022/2023. Seluruh dosen telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi sesuai bidang keahlian masing-masing. kegiatan tersebut berupa Workshop Peningkatan Peringkat Jurnal Terakreditasi, Seminar Literasi Digital Sektor Pemerintahan Kepada ASN Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, seminar Strategi sukses pengisian dan pelaporan tracer study untuk meningkatkan IKU dan  Peran Bidan Dalam Mewujudkan Transformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti Pada Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak , webinar Strategi dan peran institusi pendidikan bidan dalam peningkatan kompetensi bidan sebagai Pembicara nasional bimbingan belajar online uji kompetensi, dosen sebagai tenaga struktural Koordinator uji kompetensi mahasiswa  dan juga sebagai Ketua Gugus Kendali Mutu di Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim.

Rapat ini berjalan dengan lancar, dan semua peserta menunjukkan antusiasme dan kelibatan yang tinggi dalam diskusi. Diharapkan, melalui rapat laporan monev ini, akan tercipta kinerja yang lebih efektif di Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim. @Fira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *