Bimbingan Belajar Uji Kompetensi Program Studi D III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim

Uji Kompetensi bidan dianggap mampu untuk mengukur dan menyaring lulusan DIII kebidanan yang memiliki standar kompeten yang telah ditentukan secara nasional.  Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020 mengatur tentang persentase kelulusan nilai akademik 60% dan Uji Kompetensi 40%, sehingga selama mahasiswa belum lulus uji kompetensi masih menjadi tugas perguruan tinggi untuk membekali mereka.

Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim telah mengadakan pembekalan Uji Kompetensi (Ukom) bagi mahasiswa semester akhir, dengan mengadakan serangkaian kegiatan bimbingan belajar Ukom mulai dari teknis membuat dan mereview soal ukom, pretest bimbel Ukom, dan posttest bimbel Ukom.

Kegiatan penulisan dan review soal Ukom diadakan pada hari Jum’at (21/07/23), berlangsung dari pagi sampai sore, yang diisi oleh pemateri Nuraina, S.Tr.Keb, M.Keb, Sri Raudhati, S.SiT., MKM, dan Siti Rahmah, SST., M.Kes. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengenal dan memahami struktur soal ukom, dengan terbiasa menulis dan meriew soal bersama teman dan dosen, diharapkan mahasiswa mampu mengetahui kata kunci dari soal uji kompetensi nantinya. Setelah mengikuti kegiatan ini, mahasiswa mengumpulkan soal ukom sebanyak 50 soal dari 10 kelompok dengan topik yang berbeda sesuai Blueprint D III kebidanan pada siklus Kesehatan Reproduksi Perempuan dalam konteks keluarga.

Pelaksanaan Ujian Pretest Bimbel Ukom (Selasa, 25/07 /23), berlangsung selama 3 jam mulai dari pukul 09.00 s/d 12.00 Wib, dengan menyelesaikan soal sebanyak 180 melalui website resmi e-learning CBT online Universitas Almuslim. Laporan panitia menyatakan hasil pretest Bimbel Ukom yang lulus sebanyak 9 orang (37,5%) dari jumlah mahasiswa 24 orang. Persentase kelulusan tersebut merupakan gambaran pencapaian kelulusan bagi Prodi untuk meluluskan mahasiswa pada Ukomnas nanti. Dengan hasil pretest ini, Prodi terus berupaya yang terbaik bagi mahasiswa agar giat belajar dalam kegiatan Bimbel Ukom yang diadakan oleh panitia Ukom D III Kebidanan Universitas Almuslim.

Bimbingan belajar Ukom D III Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Almuslim dilaksanakan secara luring di Kampus. Kegiatan Bimbel Ukom ini berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 26 Juli s/d 14 Agustus 2023, yang dibimbing langsung oleh dosen Homebase D III Kebidanan yaitu Ibu Zulfa Hanum, M.Keb, Nurhidayati, MPH, dan Agustina, MKM. Masing-masing dosen membimbing 1 kelompok yang terdiri dari 8 mahasiswa. Materi Bimbel Ukom ditentukan bervariatif setiap harinya, mulai dari materi tentang remaja, prakonsepsi, hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, bayi dan balita, masa antara, dan premenopause. Setiap harinya mahasiswa dan dosen pembimbing membahas 20-25 butir soal ukom dalam waktu 2-3 jam. Setelah Bimbel selesai, dilanjutkan dengan Ujian Posttest Bimbel Ukom pada hari Selasa (15/08/23) melalui e-learning CBT online Universitas Almuslim. Persentase kelulusan pada ujian Posttest mencapai 79%. Persentase ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan peluang kelulusan Ukom bagi mahasiswa D III Kebidanan setelah mengikuti Bimbel Ukom di Kampus. Hasil ini, diharapkan lebih meningkat lagi pada saat Ukomnas nanti tanggal 21 Agustus 2023. “Semoga semua KOMPETEN!” (Koord.Ukom, Sri Raudhati).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *